Program Pascasarjana Instika Laksanakan Kuliah Umum Bersama Direktur Diktis Kemenag RI

PASCASARJANA Ahad, 19 Maret 2017 09:20 WIB
1126x ditampilkan Headline Berita

Guluk-Guluk - Instika - Peningkatan mutu harus menjadi prioritas dalam pengembangan perguruan tinggi, terutatama yang berkaitan dengan akreditasi. Begitulah salah satu pembahasan utama yang disampaikan oleh Prof. Dr. H. Nizar Ali, MA., Selaku Direktur Perguruan Tinggi Islam Kemenag RI dalam acara Kuliah Umum yang dilaksanakan oleh Program Pascasarjana Institut Ilmu Keislaman Annuqayah, Ahad 19 Maret 2017.

Acara yang bertempat di Aula Mini Instika ini dimulai tepat pada pukul 07.30 Wib. dihadiri oleh seluruh mahasiswa prodi PAI Program Pascasarjana Instika, dan juga dari unsur dosen di kalangan Instika. Dalam kegiatan tersebut Prof. Nizar menjelaskan bahwa dibutuhkan berbagai strategi yang tepat untuk menjadi perguruan tinggi unggulan, terutama pengembangan Sumber Daya Manusia. Ia berharap Dosen di Intika bisa berpartisipasi aktif dalam Program 5000 Doktor yang secara rutin menjadi kegiatan Kemenag RI dalam peningkatan tenaga pendidik. “hal ini merupakan kesempatan besar bagi perguruan tinggi swasta untuk bisa mengirim dosen kuliah program doktor” ungkapnya.

Selain itu, salah satu indikator mutu adalah Nilai Akreditasi. Karena itu, Perguruan TInggi harus mengupayakan bahwa akreditasi untuk Prodi setidaknya bernilai B. bila nilai C, hanya karena belum ada lulusan maka dalam waktu satu tahun bisa langsung diajukan reakreditasinya. Beliau juga menegaskan bahwa Diktis Kemenag RI sedang menyiapkan anggaran untuk melakukan pembinaan akreditasi bagi berbagai program studi di kalangan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam agar bisa terakreditasi, minimal B. Oleh karena itu, beliau juga menghimbau agar Instika berusaha semaksimal mungkin agar semua prodi yang dimiliki, bahkan sampai institusi bisa terakdetasi dengan nilai A.

Disamping itu, Prof Nizar juga menjelaskan bahwa perguruan tinggi memiliki tantangan besar untuk melahirkan tenaga profesional di berbagai bidang. Langkah Instika yang berkomitmen untuk alih status menjadi Universitas harus mendapatkan perhatian dan pengawalan serius sehingga niat tulus untuk mengabdi di bidang pendidikan semakin maksimal. Ia juga menilai bahwa Instika sudah layak menjadi Universitas.

Acara ini dimoderatori oleh H. Moh. Husnan, M.Pd., selaku Wakil Rektor II Instika, berlangsung begitu meriah. Semua peserta tampak antusias mengikuti materi yang disampaikan. Hanya saja, dalam kesempatan ini tidak dibuka tanya jawab karena Prof. Dr. Nizar Ali, MA., harus bertolak dari Instika untuk mengjadiri acara ditempat lain. Dalam acara ini tampak pula Wakil Rektor I yaitu Dr. Ach. Maimun, M.Ag.,  dan juga Dekan Fakultas Tarbiyah, H. Masyhuri Darajat, M.Pd.I., dan Kaprodi Pendidikan Agama Islam Fathor Rachman, M.Pd. (Abdul Warits/Pascasarjana)