Pascasarjana Instika Laksanakan Pelatihan Online Research Skill bagi Mahasiswa Tingkat Akhir

PASCASARJANA Sabtu, 1 April 2017 15:59 WIB
1026x ditampilkan Headline Berita

Instika Guluk-Guluk, 01/04/2017. Sulitnya menemukan referensi seringkali menjadi keluhan setiap mahasiswa yang sedang menyelesaikan tugas akhir di berbagai perguruan tinggi, terutama perguruan tinggi yang berada di daerah yang jauh dari pusat kota. Imbasnya, penulisan tugas akhir seperti Skripsi dan Tesis seringkali lambat karena mereka susah menemukan literatur yang sesuai dengan tema tugas akhir.

Atas dasar itulah, maka Program Pascasarjana memberikan pelatihan Online Research Skill bagi mahasiswa tingkat akhir agar mereka bisa memanfaatkan internet untuk mengakses berbagai literatur, baik itu artikel jurnal, buku ataupun hasil penelitian lainnya. “diera Digital ini, tidak ada alasan bagi peneliti, terutama kalangan akademisi mengeluh kekurangan referensi, karena akses Internet sudah demikian mudah dan bisa kita gunakan untuk menemukan referensi sesuan dengan kebutuhan” ungkap Abd. Warits dalam pemaparannya.

Kegiatan yang berlansung selama tiga jam lebih tersebut memberikan pelatihan bagi mahasiswa semester IV di PPS Instika untuk mengakses beberapa Digital Best Referensi seperti Perpusnas RI., DOAJ, Google Book, Google Schollar dan juga Moraref serta beberapa situs lain yang bisa digunakan untuk membantu mahasiswa menemukan referensi yang dibutuhkan.

Dalam kegiatan ini, mahasiswa diberikan arahan dan beberapa trik untuk bisa mengakses berbagai situs tersebut sehingga bisa menemukan referensi dan rujukan yang dibutuhkan sehingga proses penulisan tesis di PPS Instika dapat selesai dengan cepat. A. Tajib, salah satu peserta mengatakan bahwa kegiatan ini begitu bermanfaat bagi dirinya yang beberapa waktu lalu agak bingung menemukan referensi. Melalui pelatihan ini, ia mulai tambah semangat untuk menyelesaikan tesis yang sedang dia garap. (AWI/Adm)